Selasa, 09 Desember 2008

LIMA HAL YANG MEMPERINDAH DUNIA

Muhammad Rasululah saw. bersabda, bahwa dunia ini ibarat taman bunga. Menurut Syeikh Ibnu Athoillah, ada lima hal yang membuat taman bunga itu menjadi indah.
  1. Ilmu para ulama. Dengan ilmu yang mereka miliki, para ulama dapat membimbing dan menunjukkan umat kepada kebenaran dan meninggalkan kebatilan.
  2. Keadilan para penguasa. Penguasa yang adil akan melindungi yang lemah dan tidak membiarkan yang kuat berbuat semena-mena, sehingga hubungan antara si lemah dan si kuat tetap berjalan harmonis.
  3. Ibadah para hamba Allah SWT. Seorang hamba yang tekun beribadah, tentu dapat menjalin hubungan yang seimbang baik terhadap Tuhannya maupun dengan sesama manusia.
  4. Pedagang yang terpercaya. Apabila semua pedagang berlaku jujur, tidak mengurangi timbangan dan tidak menyembunyikan cacat barang dagangnya, tidak monopoli dan tidak memainkan harga seenaknya, maka akan kuat perekonomian.
  5. Ketekunan para buruh. Jika para buruh/karyawan mau melaksanakan kewajibannya dengan baik meski tanpa diawasi, akan terjagalah hubungan yang harmonis antara majikan dengan buruh, antara si kaya dan si miskin.

Tidak ada komentar: